Kamis, 22 Oktober 2009

REKLAME, IKLAN, DAN POSTER (Bahan ajar bahasa Indonesia kelas XII)

REKLAME

Reklame berasal dari bahasa Latin yang artinya berulang-ulang menyeru

Pengertian Reklame:

Reklame adalah seruan berulang-ulang untuk menarik perhatian dan mempengaruhi orang.
Reklame adalah Pemberitahuan kepada umum tentang suatu produk baik barang maupun jasa supaya laku.

PERBEDAAN REKLAME DENGAN IKLAN

Reklame

Reklame berupa kalimat singkat, tulisan, gambar mencolok
medianya: Papan reklame, spanduk, poster (dipasang di tempat terbuka)

Iklan

Iklan berupa kalimat, bisa panjang bahkan ada yang berupa artikel
medianya : media cetak (koran ,majalah) dan media elektronik (televisi, radio, film)

Macam-macam iklan menurut sifatnya:
1. Iklan Informatif
2. Iklan Memaksa
3. Iklan Menakut-nakuti
4. Iklan Persuasif

Macam-macam iklan menurut isinya:
1. Iklan Penawaran
2. Iklan Permintaan
3. Iklan Keluarga
4. Iklan Layanan Masyarakat

PENGERTIAN IKLAN

Iklan adalah pemberitahuan tentang suatu hal (produk, layanan, jasa)

TUJUAN IKLAN

Agar pembaca atau pendengar berbuat/ mengambil sebuah tindakan

JENIS IKLAN MEDIA CETAK

1. Iklan baris
2. Iklan display
3. Artikel

PENGERTIAN POSTER

adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

PEMBUATAN REKLAME, POSTER, DAN IKLAN

1. Menentukan Topik
2. Merumuskan Pesan
3. Memilih kata dan gambar yang tepat
4. Menyusun kalimat dengan huruf dan gambar yang menarik (dan mencolok untuk reklame)















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar